Minggu, 26 Februari 2012

cara menggunakan modem USB

Saya sering mendengar/membaca mengenai para pengguna Ubuntu yang mengeluhkan tentang cara menggunakan modem USB 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO pada Ubuntu, terutama di Facebook Page Komunitas Ubuntu Indonesia. Pada tulisan ini, saya akan coba membantu dengan memberikan  panduan umum tentang cara melakukan konfigurasi modem USB 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO pada Ubuntu.

Sebelum mulai, ada baiknya anda melihat daftar perangkat modem yang sudah diujicoba oleh pengguna Ubuntu lain. Mungkin ada konfigurasi khusus yang dibutuhkan oleh perangkat modem USB anda di sana.
Panduan berikut ini saya coba pada Ubuntu 10.04 Lucid Lynx menggunakan modem USB 3G/HSDPA Sierra 885 dengan provider Three/Tri dan modem USB EVDO ZTE AC2726 dengan provider Smart Telecom. (Perhatian: saya bukan anggota pemasaran Three maupun Smart ^^)
CATATAN: Saya tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan data pada modem dan sistem anda, serta tagihan ponsel yang melonjak atau pulsa anda habis karena mengikuti panduan ini.
Pertama, jangan colokkan dulu perangkat modem USB anda. Instalasikan dulu paket usb-modeswitch. Apa itu usb-modeswitch? Pada modem USB 3G/HSDPA/CDMA/EVDO yang dirilis belakangan ini, terdapat 2 mode pada perangkat tersebut, yaitu ZeroCD (biasanya berisi driver dan buku panduan instalasi pada Windows) dan modem.
Mode ZeroCD biasanya digunakan oleh vendor untuk memasukkan aplikasi pendukung (misalnya Sierra Wireless Watcher pada modem USB merk Sierra), buku panduan digital, dll. Kalau anda pernah coba mencolokkan modem USB anda pada sistem berbasis Windows, biasanya akan muncul sebuah drive baru, yang dikenali sebagai drive CD-ROM. ZeroCD ini dipakai oleh vendor untuk mengurangi biaya distribusi modem dengan tidak menyertakan CD driver, karena semua firmware dan driver sudah dimuat dalam modem ini sendiri.
Nah, pada saat anda mencolokkan modem USB anda pada Ubuntu (atau distro Linux lainnya), maka mode yang aktif secara otomatis adalah mode ZeroCD. Hal inilah yang biasanya menyebabkan modem USB anda biasanya tidak bisa langsung digunakan pada Ubuntu. Dengan menginstalasikan usb-modeswitch, Ubuntu akan mengaktifkan fungsi modem pada modem USB anda. dengan masuk ke terminal (melalui menu Applications | Accessories | Terminal) dan masukkan perintah berikut:
sudo apt-get install usb-modeswitch
Setelah proses instalasi selesai, kini anda bisa coba colokkan perangkat modem USB anda. Setelah itu, masukkan perintah berikut pada terminal:
lsusb
Apakah perangkat anda tertulis di sana? Kalau iya, kini anda tinggal klik pada ikon Network Manager di sebelah kanan atas, pilih “New Mobile Broadband (GSM/CDMA) connection …“.
Pilih menu ini untuk memulai konfigurasi modem
Pilih menu ini untuk memulai konfigurasi modem
Nanti akan muncul pemandu konfigurasi modem USB seperti berikut:
Tampilan pemandu konfigurasi modem mobile broadband
Tampilan pemandu konfigurasi modem mobile broadband
Pilih INDONESIA
Pilih INDONESIA
Pilihan provider seluler
Pilihan provider seluler
Kalau provider yang anda gunakan sudah tertera pada daftar, silakan langsung pilih provider tersebut. Saya sendiri menggunakan kartu Three/Tri yang tidak ada dalam daftar, sehingga saya memutuskan untuk mengisikan secara manual.
Isikan APN secara manual
Isikan APN secara manual
Saya menggunakan paket Internet Bulanan dari Three dengan setting APN 3data (bisa dilihat di sini). Apabila anda menggunakan provider lainnya, silakan sesuaikan konfigurasi APN ini sesuai dengan yang diberikan provider anda.
Konfirmasi untuk konfigurasi modem USB
Konfirmasi untuk konfigurasi modem USB
Setelah anda mengklik “Apply” pada tampilan di atas ini, Ubuntu akan mencoba untuk membuka koneksi ke APN tersebut. Karena anda belum memasukkan setting username dan password untuk layanan datanya, sebaiknya anda “memutus” koneksi terlebih dahulu dengan cara klik kiri pada ikon Network Manager, lalu pilih “Disconnect.
Putuskan koneksi terlebih dahulu
Putuskan koneksi terlebih dahulu
Setelah itu, klik kanan pada ikon Network Manager ini dan pilih “Edit Connections …“. Pilih tab Mobile Broadband, lalu pilih konfigurasi provider yang tadi anda masukkan, lalu klik “Edit“. Anda akan dibawa ke layar konfigurasi akun provider anda. Pada setting Internet Bulanan Three, saya isikan 3data pada username dan password. Setelah itu klik “Apply” lalu “Close“.
Konfigurasi akun layanan data dari provider
Konfigurasi akun layanan data dari provider
Kini saatnya mencoba melakukan koneksi 3G/HSDPA atau CDMA/EVDO melalui modem USB anda. Klik kiri pada ikon Network Manager dan pilih konfigurasi provider anda pada bagian Mobile Broadband. Selamat berselancar di internet dengan modem USB broadband anda! ^^

TIPS TAMBAHAN

Panduan di atas adalah mengenai cara instalasi atau konfigurasi awal modem USB anda. Untuk pemakaian selanjutnya, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan modem USB anda:
  1. Colokkan modem USB anda.
  2. Klik kanan pada ikon Network Manager, lalu pilih “Enable Mobile Broadband“.
    Pilih Enable Mobile Broadband untuk mengaktifkan modem
    Pilih Enable Mobile Broadband untuk mengaktifkan modem
    Kalau pilihan ini belum muncul, buka terminal lalu ketikkan “lsusb” dan tunggu beberapa detik (hingga 1 menit), lalu coba kembali klik kanan pada ikon Network Manager dan lihat apakah pilihan tersebut sudah ada. Ulangi terus langkah ini sampai menu “Enable Mobile Broadband” muncul dan pilih menu tersebut.
  3. Klik kiri pada ikon Network Manager, lalu pilih provider yang sudah anda konfigurasikan.
    Pilih provider yang telah dikonfigurasikan
    Pilih provider yang telah dikonfigurasikan
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa sistem sudah terkoneksi dengan sukses. Kalau koneksi gagal dilakukan, ulangi kembali dari langkah 3.
  5. Selamat berselancar dengan modem USB broadband anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar